Cek Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Zonasi Cukup Buka Website

MALANG – Panitia PPDB  Kota Malang  mengumumkan penerimaan peserta didik baru SD dan SMP, hari ini Selasa (9/6/2020) Pkl. 09.00 WIB.  Dilakukan secara daring (dalam jaringan), sebagai upaya menerapkan anjuran pemerintah terkait social dan physical distancing. Masyarakat atau orang tua bisa melihat pengumuman penerimaan peserta didik baru melalui website di alamat  http//www.ppdb.malangkota.go.id. Siswa yang diterima diharuskan segera mendaftar ulang di sekolah yang dituju masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Dra Zubaidah MM mengatakan, khusus untuk sekolah dasar selain online juga difasilitasi secara offline. “Karena SD secara online sepenuhnya belum siap, terbukti banyak orang tua mendaftar ke SD dengan berbondong-bondong mendatangi sekolah yang dituju, padahal bisa dilakukan dari rumah secara online, akibatnya operator yang kemudian harus menginputkan data yang mereka bawa,” jelasnya di hadapan 60 orang dari unsur Pengawas SD, Pengawas SMP, Kepala SMP Negeri, Ketua Gugus dan Ketua K3S se Kota Malang pada Senin (8/6/2020) di aula SMP Negeri 18 Kota Malang.

Selanjutnya dijelaskan, bagi sekolah dasar yang pagunya belum terpenuhi bisa membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru lanjutan. “Boleh,  silakan dibuka pendaftaran baru lagi secara offline, mulai Selasa sampai dengan Jum’at, tanggal 9 sampai dengan 12 Juni. Hari terakhir Jum’at diumumkan,” jelasnya. Juga diwanti-wanti agar sekolah di Kota Malang mengutamakan warga Kota Malang. Bila pagu masih juga belum terpenuhi baru bisa menerima pendaftar dari luar Kota Malang.

Wali Kota Malang, Bpk Sutiaji yang ikut hadir dalam rapat koordinasi tersebut menambahkan Penerimaan Peserta Didik baru tahun ini luar biasa karena berlangsung di tengah pandemi Covid 19. “Akan muncul banyak masalah dari kebijakan melaksanakan pendaftaran secara daring, karena masyarakat belum terbiasa. Hal ini memang perlu pembiasaan namun banyak sisi positifnya,” katanya. Karena itu, “Sekolah agar melayani masyarakat  sebaik mungkin dan seikhlas mungkin. Jika yang dilayani masih juga menuntut, itu wajar, sudah hukum alam. Tidak usah saling menyalahkan. Yakinlah di tengah kesulitan, pasti ada kemudahan.” tuturnya.

Sementara itu Bu Ratna Kabid Pendidikan Dasar Dikbud Kota Malang menambahkan, bagi sekolah yang pendaftarnya melebihi pagu, agar kelebihannya  diarahkan ke sekolah lain yang kurang pendaftar. (Jpr)

Leave a Reply