Input Data PPDB SD Hari Ketiga Seperti Lewat Jalan Tol

SEPI: Suasana pendaftaran PPDB jalur Zonasi hari ke-3 di SDN Tunggulwulung 3

MALANG- “Alhamdulillah,” itulah kata yang terucap dari operator PPDB SDN Tunggulwulung 3, Abu Roiham Albiruni, ketika ditanya tentang penginputan data PPDB saat kunjungan pantauan Pengawas Gugus 6 dan Gugus 7 Kec. Lowokwaru. Setelah dua hari berjibaku menginput data pendaftar dan berkali-kali gagal, hari ini, Kamis (4/6/2020) ia bernafas lega karena sukses 100%  memasukkan data siswa yang mendaftar PPDB di sekolahnya. Lulusan PGSD UM 2012 ini menceritakan bahwa  aplikasi ppdb.malangkota.go.id bisa diakses lancar mulai sekitar pkl. 14.00 WIB Rabu (3/6) kemarin.

Begitu menginput satu data siswa dan berhasil, segera dengan penuh semangat ia memasukkan data siswa berikutnya. “Hanya, memasukkan datanya harus melalui menu Daftar SD Manual. Sehingga saya harus mengetik data siswa satu persatu mulai dari nama siswa, tempat tanggal lahir, alamat dan seterusnya. Jika melalui menu Daftar SD yang berwarna hijau tidak bisa,” ujarnya.

Wajah penuh suka juga ditampakkan operator PPDB SDN Tunggulwulung 2, Wahyu Adi Gunawan. Alumni ITN Jurusan Informatika ini menyampaikan bahwa 22 siswa yang mendaftar ke sekolahnya telah berhasil diinput datanya. “Untuk print out bukti telah mendaftar saya cetak mode pdf. Jadi tidak print kertas, “ terangnya.

Usai memasukkan semua data, setelah dicek di progress kinerja operator PPDB SDN Tunggulwulung 2 tertulis Pagu 14,  Pendaftar 18,  Verifikasi 0,  Ditolak 0,  Menunggu 18,  Sisa pagu -4. Menganalisa hal tersebut Wahyu Adi Gunawan bertanya, “Pagu SDN Tunggulwulung 2, kan 28 siswa. Sementara di PPDB jalur zonasi  ini yang direkom 50% atau 14 siswa. Terus kekurangannya bagaimana? Sementara yang daftar melalui jalur afirmasi dan kepindahan orang tua tidak ada.” Untuk menjawab pertanyaan tersebut Pengawas mencoba menghubungi salah seorang anggota Super Admin PPDB Dikbud Kota Malang. Namun sampai berita ini ditulis 12.15 WIB masih belum mendapatkan tanggapan. (JPR)

Leave a Reply