Laporan Supervisi Manajerial Gugus 8 Kecamatan Blimbing – SDN Pandanwangi 5

Nama Pengawas:Drs. DIDIK BEKTI PURWIANTO, M.Pd
NIP:196010081980101004
Nama Sekolah Binaan:SDN PANDANWANGI 5 MALANG
Alamat Sekolah Binaan:Pondok Indah Estate Blok B No. 1  B
Tanggal Supervisi:9 s.d. 27 Maret 2020

A.      PENGANTAR

Laporan ini adalah laporan Supervisi Manajerial Implementasi Hasil Pembinaan Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Guru, dan Tendik, yang dilakukan oleh Petugas Supervisi (Pengawas Binaan) dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan

Kegiatan supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Selanjutnya laporan akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan pembinaan selanjutnya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang

Adapun responden untuk supervisi ini adalah Kepala sekolah, dan penanggung jawab kegiatan, serta Pengurus Komite di binaan kepengawasan, sbb:

NoNamaJabatan
1Drs. AGUS HADI SUBAGYO, M.MKepala Sekolah
2ANIK HARIMURTI, S.Pd. SDBendahara BOSNAS
3SRI MARIE ANJARI AGAFSA, S.PdBendahara BOSDA
4AFIF IKHWANKetua Komite Sekolah
5DJUWARNI, S.PdGuru Senior
6DIAN ANGGRAENI, S.PdPetugas Perpustakaan
7RINA SETIOWATI, S.PdTU/Operator

C.       HASIL SUPERVISI

Kegiatan Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini dilaksanakan di sekolah binaan kepengawasan tanggal 9s.d. 27 Maret 2020 oleh Drs. DIDIK BEKTI PURWIANTO, M.Pd (Pengawas SD). Secara umum Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik telah berjalan dengan baik.

Berikut adalah rincian hasil Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik yang dilakukan melalui observasi dan wawancara yang diselenggarakan di sekolah binaan SDN Pandanwangi 5 Kota Malang.

1.        Hasil Supervisi terhadap setiap aspek

Hasil olahan data nilai dari setiap aspek dapat dilihat pada tabel berikut.

NoAspekNilaiKategori
1Disiplin Pegawai (PP No. 53 Th. 2010)91.11Baik Sekali
2Komite Sekolah (Permendikbud No. 75 Th. 2016)79.55Cukup
3Merdeka Belajar (SE Kemendikbud No. 1 Th. 2020)91.67Baik Sekali
4Pengelolaan BOS (Permendikbud No. 8 Th.2020 dan Perwal No.2 Th,2019)96,67Baik Sekali
5Tugas dan Fungsi KS (Permen Diknas No 13 Th. 2007)84.00Baik
6Penguatan Pendidikan Karakter (PP no. 87 Th. 2017)75.49Cukup
7Literasi Di sekolah (Permendikbud No. 23 Th. 2015)81.82Baik
8Pelibatan Keluarga di Sekolah (Permendikbud No.30 Th.2017)75.56Cukup
9Tindak Perundungan di Sekolah  (Permendikbud No. 82 Th. 2015)87.50Baik
NILAI RATA-RATA84,82Baik

Hasil tabel diatas jika disajikan dalam bentuk diagram batang terlihat sebagai berikut.

Diagram Hasil Supervisi terhadap setiap aspek

2.        Hasil Supervisi Terhadap Keseluruhan Aspek

Hasil olahan data keseluruhan aspek yang telah disupervisi adalah sebagaimana ditampilkan pada tabel berikut.

AspekNilaiKategori
 1-9 85.19 Baik

D.      SIMPULAN

Mengacu kepada hasil supervisi sebagaimana telah diuraikan diatas, dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.      Aspek-aspek yang dapat dinyatakan telah dilaksanakan dengan baik adalah:

·         Disiplin Pegawai (PP No. 53 Th. 2010)
·         Merdeka Belajar (SE Kemendikbud No. 1 Th. 2020)
·         Pengelolaan BOS (Permendikbud No. 8 Th.2020 dan Perwal No.2 Th,2019)
·         Penguatan Pendidikan Karakter (PP no. 87 Th. 2017)
·         Tindak Perundungan di Sekolah (Permendikbud No. 82 Th. 2015)

Aspek-aspek tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan.

2.      Sedangkan aspek-aspek yang masih memerlukan perhatian dan upaya-upaya perbaikan adalah sebagai berikut:

·         Komite Sekolah (Permendikbud No. 75 Th. 2016)
·         Penguatan Pendidikan Karakter (PP no. 87 Th. 2017)
·         Pelibatan Keluarga di Sekolah (Permendikbud No.30 Th.2017)

3.      Mengacu capaian seluruh aspek, maka hasil supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini Baik

E.       SARAN

Dengan memperhatikan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut : 

NoAspekSaran/ Rekomendasi
1Komite Sekolah§  Seharusnya struktur kepengurusan komite terdiri dari 50% Ortu siswa, 25% pakar pendidikan dan 25% tokoh masyakat§  Sekolah seharusnya melibatkan komite sekolah dari awal hingga akhir dalam  penyusunan RKAS
2Penguatan Pendidikan Karakter§  Sekolah sebaiknya mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan karakter kemandirian dalam bentuk administratif dan foto serta tertata rapi hard dan soft copy
3Pelibatan Keluarga di Sekolah§  Sekolah sebaiknya melaksanakan kelas orang tua lebih dari dua kali dalam  satu tahun §  Sekolah sebaiknya melaksanakan lebih dari dua kegiatan yang melibatkan peran orang tua pada satuan pendidikan  


Malang, 3 April 2020

Supervisor

 

Drs. Didik Bekti P, M.Pd

NIP 19601008 198010 1 004

 

 Lampiran :

  1. Instrumen supervisi yang telah diisi, ditandatangani KS dan stempel sekolah

Leave a Reply