Laporan Supervisi Manajerial Gugus 8 Kecamatan Blimbing – SDN Pandanwangi 3

Nama Pengawas:Drs. DIDIK BEKTI PURWIANTO, M.Pd
NIP:196010081980101004
Nama Sekolah Binaan:SDN PANDANWANGI 3 MALANG
Alamat Sekolah Binaan:Jl. Simpang Teluk Grajakan no 32
Tanggal Supervisi:9 s.d. 27 Maret 2020

A.      PENGANTAR

Laporan ini adalah laporan Supervisi Manajerial Implementasi Hasil Pembinaan Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Guru, dan Tendik, yang dilakukan oleh Petugas Supervisi (Pengawas Binaan) dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan

Kegiatan supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Selanjutnya laporan akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan pembinaan selanjutnya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang

Adapun responden untuk supervisi ini adalah Kepala sekolah, dan penanggung jawab kegiatan, serta Pengurus Komite di binaan kepengawasan, sbb:

NoNamaJabatan
1Drs.MASHURI, M.PdKepala Sekolah
2Ruri Patrarini Purweningdyah, SE, S.PdBendahara BOSNAS
3Galuh Setiyo Arini, S.Pd SDBendahara BOSDA
4Lutfi MaulidiKetua Komite Sekolah
5Sri Umiati, S.PdGuru Senior
6Shalahuddin Giri PamungkasPetugas Perpustakaan
7Nikmatur Rif’ahTU/Operator 1
8Kurnia Ari Saputri, S.PdTU/Operator 2

C.       HASIL SUPERVISI

Kegiatan Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini dilaksanakan di sekolah binaan kepengawasan tanggal 9 s.d. 27 Maret 2020 oleh Drs. DIDIK BEKTI PURWIANTO, M.Pd (Pengawas SD).

Secara umum Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik telah berjalan dengan baik.

Berikut adalah rincian hasil Supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik yang dilakukan melalui observasi dan wawancara yang diselenggarakan di sekolah binaan SDN Pandanwangi 3 Kota Malang.

1.        Hasil Supervisi terhadap setiap aspek

Hasil olahan data nilai dari setiap aspek dapat dilihat pada tabel berikut.

NoAspekNilaiKategori
1Disiplin Pegawai (PP No. 53 Th. 2010)97.78Baik Sekali
2Komite Sekolah (Permendikbud No. 75 Th. 2016)81.82Baik
3Merdeka Belajar (SE Kemendikbud No. 1 Th. 2020)95.83Baik Sekali
4Pengelolaan BOS (Permendikbud No. 8 Th.2020 dan Perwal No.2 Th,2019)93,33Baik Sekali
5Tugas dan Fungsi KS (Permen Diknas No 13 Th. 2007)88.00Baik
6Penguatan Pendidikan Karakter (PP no. 87 Th. 2017)97.06Baik Sekali
7Literasi Di sekolah (Permendikbud No. 23 Th. 2015)87.88Baik
8Pelibatan Keluarga di Sekolah (Permendikbud No.30 Th.2017)91.11Baik Sekali
9Tindak Perundungan di Sekolah  (Permendikbud No. 82 Th. 2015)93.75Baik Sekali
NILAI RATA-RATA91,84Baik Sekali

 Hasil tabel diatas jika disajikan dalam bentuk diagram batang terlihat sebagai berikut.

Diagram Hasil Supervisi terhadap setiap aspek

2.        Hasil Supervisi Terhadap Keseluruhan Aspek

Hasil olahan data keseluruhan aspek yang telah disupervisi adalah sebagaimana ditampilkan pada tabel berikut.

AspekNilaiKategori
 1-9 91.84 Baik Sekali

D.      SIMPULAN

Mengacu kepada hasil supervisi sebagaimana telah diuraikan diatas, dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.      Aspek-aspek yang dapat dinyatakan telah dilaksanakan dengan baik adalah:

·         Disiplin Pegawai (PP No. 53 Th. 2010)
·         Merdeka Belajar (SE Kemendikbud No. 1 Th. 2020)
·         Pengelolaan BOS (Permendikbud No. 8 Th.2020 dan Perwal No.2 Th,2019)
·         Penguatan Pendidikan Karakter (PP no. 87 Th. 2017)
·         Tindak Perundungan di Sekolah (Permendikbud No. 82 Th. 2015)
·         Pelibatan Keluarga di Sekolah (Permendikbud No.30 Th.2017)

Aspek-aspek tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan.

2.      Sedangkan aspek-aspek yang masih memerlukan perhatian dan upaya-upaya perbaikan adalah sebagai berikut:

·         Komite Sekolah (Permendikbud No. 75 Th. 2016)
·         Tugas dan Fungsi KS (Permen Diknas No 13 Th. 2007)
·         Literasi Di sekolah (Permendikbud No. 23 Th. 2015)

3.      Mengacu capaian seluruh aspek, maka hasil supervisi manajerial implementasi hasil pembinaan kepala sekolah, komite sekolah, guru, dan tendik ini Baik sekali. 

E.       SARAN

Dengan memperhatikan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut :

NoAspekSaran/ Rekomendasi
1Komite Sekolah§  Sekolah seharusnya melibatkan komite sekolah dalam penyusunan RKAS dari awal hingga akhir.
2Tugas dan Fungsi KS§  Kepala Sekolah diharapkan meningkatkan kemampuan kewirausahaan sehingga memiliki 5 kemampuan kewirausahaan.
3Literasi Di sekolah§  Sekolah diharapkan menyediakan ruang tunggu orang tua yang nyaman, memungkinkan terjadi interaksi antar orangtua, tersedia bahan bacaan dan poster keayahbundaan.

Malang, 3 April 2020

Supervisor

Drs. Didik Bekti P, M.Pd

NIP 19601008 198010 1 004

Lampiran :

  1. Instrumen supervisi yang telah diisi, ditandatangani KS dan stempel sekolah

Leave a Reply