Website Baru Pengawas SD Kota Malang

MALANG- Website merupakan media informasi dan komunikasi yang sangat diperlukan bagi instansi pelayanan publik. Pengawas SD Kota Malang yang merupakan bagian dari institusi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang melayani publik di bidang pendidikan, oleh karena itu sudah seharusnya memiliki website yang independen. Website bisa dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan kepengawasan yang meliputi kegiatan supervisi manajerial, supervisi akademik, pelatihan/ pembinaan, monev, kegiatan penilaian dan kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas kepengawasan.

Sehubungan degan hal tersebut, pada selasa 26/5, mulai pkl. 09.00 WIB bertempat di ruang Pengawas SD, hari pertama masuk kerja usai lebaran 1 Syawal 1441 H. Para pengawas yang terdiri dari Bpk Zainullah, Bpk Didik Siswanto, Bpk Didik Bekti, Bpk. Catur, Bpk Subagyo, Bpk Suryadi, Bpk Bambang, Bpk Jupri, Ibu Ida, Ibu Naqilah, Ibu Mahmudatun, Ibu Herlina, Ibu Sriah, Ibu Indah, Ibu Sriami serius mempelajari cara mengisi dan mengelola Website Pengawas SD Kota Malang yang baru. Dikatakan baru, karena sebelumnya website yang sama sudah ada namun tidak aktif.

Bpk Didik Siswanto, pemateri mengutarakan bahwa konten dari Web Pengawas SD Kota Malang terdiri dari 5 menu utama. ” Menu tersebut meliputi, Home, Profil, Kecamatan, Laporan dan Berita. Sedangkan kontennya mengenai monev, supervisi, pelatihan/ pembinaan, penilaian dan aneka kegiatan pengawas yang berkaitan dengan tupoksi pengawas,” tambahnya.

Terpisah, Bpk. Zainullah selaku Koordinator Pengawas SD menyambut baik atas kegiatan ini. “Selama ini kegiatan Pengawas SD dipertanyakan, seolah-olah Pengawas SD sedikit kegiatan, padahal kegiatan kepengawasan sangat beragam dan cukup menyita waktu,” jelas pengawas senior yang bertugas sejak 1999 ini. “Hal ini karena yang diatasi oleh pengawas adalah seluruh sekolah dasar dan TK di Kota Malang, dengan berbagai problem dan cara mengatasinya yang muaranya untuk peningkatan mutu pendidikan pada tiap-tiap lembaga. Dengan adanya website ini diharapkan dapat sebagai wahana informasi antara Pengawas SD dengan masyarakat, para guru, kepala sekolah dan semua stakeholder untuk peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan di wilayah Kota Malang khususnya,” tambahnya.

Ditanya tentang keberadaan Website Pengawas SD, Bpk. Catur Pengawas Klojen, antusias. “Sangat membantu para Pengawas SD untuk menyusun laporan dan semua kegiatan kepengawasan secara online,” jawabnya. Hal yang sama disampaikan oleh Bpk. Bambang. “Website ini sebagai sarana kreatifitas para pengawas, selain sebagai media untuk melaporkan kegiatan-kegiatan yang selama ini saya lakukan.”

Sementara itu Bpk. Didik Bekti yang pada November tahun ini sudah memasuki masa purna merasa kesulitan dalam mengisi konten web. “Namun saya tidak putus asa, saya terus belajar dengan banyak bertanya pada teman-teman lain yang sudah menguasai,” katanya. (JPR)

One Reply to “Website Baru Pengawas SD Kota Malang”

  1. Barokalloh

Leave a Reply